Pemasaran Relasional versus Pemasaran Transaksional

dont-follow-the-crowd

Bagi para pengusung filosofi pemasaran relasional, arti pemasaran transaksional merujuk kepada definisi pemasaran yang diformulasikan oleh American Marketing Association (AMA) sebelum tahun 2004 yaitu “marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of goods, ideas, and services to create exchanges that satisfy individual and organizational goals.” Oleh karena itu, pemasaran transaksional lalu dipahami sebagai pemasaran tradisional (traditional marketing) yang setia menerapkan strategi klasik STP (segmentation, targeting dan positioning) dan marketing mix 4P (product, price, promotion dan place). Pengertian tersebut merupakan titik tolak awal yang menegaskan perbedaan antara pemasaran relasional dan pemasaran transaksional.

Berbagai literatur kemudian menjelaskan perbedaan secara lebih rinci antara pemasaran relasional dengan pemasaran transaksional. Berikut ini merupakan pokok-pokok utama dari perbedaan tersebut.

Pemasaran Relasional Kriteria Perbedaan Pemasaran Transaksional
Membangun hubungan Tujuan Utama Menghasilkan transaksi
Interaksi Pendekatan Aksi
Dinamis Perspektif Statis
Berorientasi kepada implementasi Orientasi Berorientasi kepada keputusan
jangka panjang Jangka panjang vs. Jangka pendek jangka pendek
Merawat hubungan konsumen lama Strategi Mengakuisisi konsumen baru
Post-sales Fokus pengambilan keputusan Pre-sales
Tinggi Intensitas hubungan Rendah
Tinggi Derajat ketergantungan Rendah
Secara langsung Pengukuran kepuasan konsumen Secara tidak langsung
Interaksi Dimensi kualitas Output
Semua proses Implementasi kualitas Hanya pada proses produksi
Substansial dan strategis Peran pemasaran internal tidak ada atau sangat terbatas
Tinggi Ketergantungan kepada pegawai untuk kesuksesan bisnis Rendah
Kustomisasi Fokus produksi Massal

Sumber: Hennig-Thurau, Thorsten, and Ursula Hansen. “Relationship marketing—some reflections on the state-of-the-art of the relational concept.” Relationship Marketing. Springer Berlin Heidelberg, 2000. 3-27.

 


coky-fauzi-alfiCOKY FAUZI ALFI

Coky Fauzi Alfi merupakan owner dari situs Relationship Marketing.
Coky sangat membuka diri untuk diajak berdiskusi tentang isu-isu dalam pemasaran relasional ataupun hanya sekadar menyapa “helo” melalui halaman About The Author.
 


Advertisements
Pemasaran Relasional versus Pemasaran Transaksional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s